Sabtu, 11 Januari 2014

= HIJAU

HIJAU 

Silahkan saja kalau dikau mau marah dengan semua hasratku 
Silahkan saja jikau engkau ingin membenciku 
Aku hanyalah orang yang tidak kuasa 

Aku mencoba sadar dan ingin menyadari bahwa aku tidak bisa hidup sendiri 
Alam dengan segala kelebihan dan kekurangannya mempunyai kearifan-kearifan yang terlepas dari pengamatan dan kesadaran mata hati kita 

Aku mau belajar bersyukur saja 
Mentari yang selalu menyapa kita setiap pagi, daun-daun yang selalu hijau kita pandang 
Siapakah yang membuat hal itu semua bisa terjadi ? 

Makan nasi tidak sesederhana yang kita duga 
Perjalanan panjang mengiringi sang padi yang bermandikan keringat para petani 
Para petani yang tulus dan ikhlas ketika mengolah bumi pertiwi ini dan tidak pernah putus asa ketika gempa bumi dan gunung meletus mengujinya 
Memang kita harus malu kepada para petani, semoga kita tidak menjadi manusia yang makin pandai tetapi semakin meninggalkan jati diri kita 
Menjadi petani yang selalu digerakkan hatinya oleh budi pekerti yang indah 

Aku tidak bisa apa-apa ketika misalnya sang mentari sudah tidak mau menyapa kita 
Aku akan menderita ketika para petani sudah tidak lagi mempunyai hati dan berfikir tidak ada gunanya berbagi 
Sadar bahwa pribadi yang indah ini harus terjaga, karena budi pekerti yang luhur itu yang menggerakkan hidup dan dunia. 

by : ki wijanarko 
24 Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar